Jumat, 06 Januari 2012

Enterpreneur (?)

Dewasa ini kata entrepreneur semakin sering kita dengarkan, baik di televisi, maupun media-media massa lainnya terutama internet. Menurut saya kata entrepreneur ini di telinga saya kedengaran berkelas, mewah, sehingga saya merasa ingin tahu arti dari kata ini.

Menurut kamus English Oxford Dictionary, entrepreneur is a person who makes money by starting or running business, escpecially when this involves taking financial risks.Kira-kira artinya dalam bahasa Indonesia entrepreneur adalah seorang yang menghasilkan uang dengan cara memulai atau menjalankan kegiatan bisnis, khususnya ketika kegiatan tersebut melibatkan keberanian dalam menanggung resiko-resiko keuangan.

Selain definisi di atas ada beberapa pendapat para ahli tentang pengertian entrepreneur. Di antara pendapat-pendapat tersebut adalah:
a.Menurut Marzuki Usman(1997:3), entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan, material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis, dan organisasi usaha baru.

b.Menurut Dun Steinhoff dan John F. Burgess (1998:35), entrepreneur adalah orang yang mengorganisasikan, mengelola, dan berani menanggung risiko sebuah usaha atau perusahaan.

c.Menurut Sri Edi Swasono (1978:38), entrepreneur adalah pelopor dalam bisnis, inovator, penanggung risiko yang mempunyai visi kedepan dan memiliki keunggulan dalam prestasi dibidang usaha.

d.Menurut Scarborough dan Zimmerer (1993:5), entrepreneur adalah orang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dan mengkombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang.

Dalam Asia’s Best Young Entrepreneurs 2009 versi Business Week, Indonesia mendominasi hasil seleksi pemilihan Entrepreneur Muda se-Asia itu dengan sembilan wakilnya dari 26 nominator. Hal ini membuktikan bahwa di tengah karut-marutnya kondisi negara Indonesia, tetapi iklim usaha di sini masih terlihat baik. Banyak sekali peluang usaha yang masih menjanjikan bagi pengusaha-pengusaha terutama yang muda dan yang inovatif.

Saat ini ada banyak sekali web dan blog yang menyediakan berbagai tips dan trik untuk menjadi seorang entrepreneur. Sama seperti saya, saat ini saya baru menimba ilmu dari media-media tersebut. Harapannya ya nanti bisa mengaplikasikan ilmu tersebut di dunia nyata. Jadi, kalau anda bertanya peluang apa yang masih menjanjikan di negeri ini? Jadilah seorang entrepreneur!!!

0 komentar:

Posting Komentar