Minggu, 01 Januari 2012

Coba Bahasa Inggris

Salam jumpa! Di blog ini sesekali saya akan mengajak para pembaca sekalian untuk belajar bersama. Dalam belajar ini saya akan mengajak anda sekalian untuk belajar Bahasa Inggris. Untuk para pemula mungkin anda akan cocok sekali membaca tulisan saya, karena saya pun juga pemula dalam menulis di blog seperti ini. Pemula di sini bisa saja pelajar pemula atau bukan pelajar yang ingin belajar Bahasa Inggris walaupun sudah tidak menjadi pelajar atau mahasiswa. Semua umur pun boleh menjadi pemula kan? Mari kita mulai!

Sebelum lebih jauh belajar bahasa, kita harus mengenal huruf terlebih dahulu. Dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, kita mengenal alfabet yang dimulai dari huruf A dan diakhiri dengan huruf Z. Jumlah seluruh alfabet itu ada 26 yang tentu saja anda sudah hafal (kalau urut dari A, coba kalau mundur dari Z ke A, gak penting kali ya!?! :-D). 

Setelah kita mengenal huruf sekarang kita mengenal bunyi. Dalam Bahasa Indonesia, semua huruf vokal akan berbunyi vokal misalnya huruf i bunyi dari huruf ini juga vokal /i/. Begitu pula dengan huruf u akan berbunyi /u/. Tidak ada dalam bahasa Indonesia huruf u dibaca /yu/. Nah sekarang kita ke huruf konsonan. Misalnya huruf b. Kalau anda membaca huruf ini (ingat huruf, bukan bunyi) adalah /be/. Kalau huruf ini kita pergunakan dalam kata “bola” maka bunyi akan menjadi /bola/. Padahal tadi waktu huruf ini sendiri berbunyi /be/ yang terdiri dari bunyi /b/ dan /e/. Masih bingung?

Kalau masih bingung kita akan mengenal huruf dan bunyi dalam Bahasa Inggris. Huruf a misalnya berbunyi /ei/. Kalau kita gunakan dalam kata “cat” yang berbunyi /kᴂt/, maka huruf a tadi berubah bunyi dari/ei/ menjadi bunyi /ᴂ/. Misalnya lagi huruf h dalam bahasa Inggri huruf ini dibaca /eitᶴ/. Dalam penggunaannya huruf ini dalam kata “house” misalnya akan berbunyi /hauz/. Cukup mengerti? Atau tambah bingung?

Di dalam kamus standar, bunyi akan ditandai dengan tanda /..../. Maka dari itu anda harus mempelajari petunjuk penggunaan kamus yang biasanya akan dicetak pada bagian depan kamus sebelum anda memasuki halaman huruf A. Mengapa saya katakan demikian? Karena masing-masing kamus akan mempunyai lambang bunyi yang berbeda-beda tetapi ada memang kamus yang menggunakan lambang bunyi yang berstandar internasional. Lambang bunyi tersebut dikenal dengan IPA (International Phonetic Alphabet) atau huruf phonetik Internasional.

Cukup sekian dulu belajarnya. Nanti kita akan bertemu lagi secepatnya (doakan secepatnya itu memang cepat). See you later!!

0 komentar:

Posting Komentar